Thursday, July 9, 2015

DIALOG PRESIDEN JOKOWI DENGAN PARA PELAKU BISNIS


Simak dialog antara Presiden Jokowi (PJ) dengan para pengusaha di kanal Kompas TV siang ini. Kendati bukan seorang ekonom, apalagi pebisnis, bagi saya penjelasan dan respon PJ cukup meyakinkan. Beliau menekankan sikap realistis tetapi tetap optimis dalam menghadapi tantangan yang dihadapi perekonomian nasional yg kini sedang mengalami penurunan. PJ menyatakan bahwa siklus ekonomi Indonesia memang sedang menuju perubahan fundamental: bukan lagi berbasis konsumptif dan ekstraktif, tetapi produktif dan non-ekstraktif. Karena itu, sambil tetap menjaga stabilitas ekonomi, beliau mengemukakan berbagai strategi utk mengatasi masalah ini, baik jangka pendek, menengah, dan panjang. 

Menurut PJ, diperlukan mesin pertumbuhan baru bg ekonomi Indonesia sehingga mampu mengejar ketertinggalan. Solusi jangka pendek termasuk stabilisasi harga dan nilai tukar, pembelanjaan pemerintah yg tepat dg memanfaatkan ruang fiskal yg ada, serta menggalang investasi baik nasional maupun luar negeri. Strategi jangka panjang, termasuk pembangunan infrastruktur khusunya kelautan, pernaikan rezim perizinan, penegakan huku, dan penyelasian masalah lahan.

Seluruh pertanyaan dari floor dapat dijawab dg cukup baik oleh PJ, dan yang mengesankan saya adlh tekanan pada pentingnya komitmen pihak pengusaha utk membangun dan tidak hanya bersikap 'wait and see'. PJ menegaskan bhw tantangan harus dihadapi, dan perubahan tidak mungkin tanpa kemauan berkorban.

Bravo Pak Jokowi...!!

Simak video ini:
https://www.youtube.com/watch?v=CyYXH4B-T5o
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS