Wednesday, July 29, 2015

ISTERI MUDA DAN MODUS KORUPSI

Lebih dulu saya perlu bikin diskalimer bhw saya bukan sedang membahas soal poligami. Anda boleh setuju dan menolak praktik ini dan itu bagi saya silakan diperdebatkan di kesempatan lain. Yg ingin saya bahas adalah sebuah fenomena baru dlm tipikor di negeri ini, yakni keterlibatan dari isteri muda para tersangka, terdakwa, dan terpidana. Yg paling gres tentu saja adalah kasus tipikor yg diduga melibatkan Gubernur Sumut dan isteri mudanya. Saya menyimak wwcr plt pimpinan KPK, Johan Budi (JB) di radio Elshinta sore ini (29/7/15).

JB sendiri menyatakan bhw kasus Gub Sumut, Gatot Pujo Nugroho (GPN) dan isteri mudanya, Evy Susanti (ES), tsb merupakan fenomena baru dlm arti modus operandi (MO) tipikor makin bervariasi dan canggih termasuk menggunakan isteri muda dlm proses tsb. Sebenarnya keterlibatan para isteri muda (ismud) dalam kasus2 tipikor bukan sekali ini saja tetapi mungkin yg dimaksud JB adlh peran yg cukup sentral bukan hanya sekedar kecipratan hasil tipikor saja. Dalam kasus tipikor yg terkait dg mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Isahaq (LHI), misalnya, diketahui keterlibatan dua ismudnya. Demikian pula dlm kasus tipikor yg melibatkan Irjen Djoko Susilo (DS), juga dikabarkan keterlibatan sang ismud. Juga dlm kasus tipikor mantan Bupati Bangkalan, KH Fuad Amin, dsb.

Fenomena kererlibatan ismud dalam tipikor ini bisa jadi akan lebih banyak ditemukan jika para penegak hukum dan publik bekerjasama dg lebih sinergis. Akan bisa diketahui nanti apakah korelasi antara tipikor dg peran ismud ini kebetulan belaka ataukah memang signifikan. Jika memang signifikan berarti asumsi bhw penggunaan ismud sebagai MO dlm tipikor haruslah diwaspadai pola2nya dan sejauhmana kontribusinya. (http://news.detik.com/…/evy-susanti-dan-kisah-para-istri-mu…).

Praktik korupsi di masyarakat kita sudah pernah ditengarai oleh alm. Mohammad Hatta (MH), Wapres pertama RI, sebagai telah membudaya. Ini berarti termasuk kecanggihan dan kreativitas dlm menggunakan cara2 yg inkonvensional dan dianggap di luar kebiasaan pun bisa terjadi. Ismud yg biasanya dipahami sebagai fenomena sosial terkait lembaga perkawinan, ternyata kini dimanfaatkan menjadi wahana tipikor yg tak kalah efektifnya dibanding dg jejaring korupsi lain. KPK dan lembaga penegak hukum lainnya bakal lebih sibuk lagi mengantisipasi modus2 tipikor lain yg mungkin akan diciptakan lagi!

Simak tautan ini:


http://news.detik.com/berita/2977714/evy-susanti-dan-kisah-para-istri-muda-di-pusaran-kasus-korupsi
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS