Friday, August 14, 2015

GUBERBUR AHOK DAN PLURALISME KEHIDUPAN BERAGAMA

Gubernur Ahok memang fenomenal. Bukan saja dikenal tegas, dianggap sebagian orang vulgar (karena ceplas-ceplos), berani menghadapi resiko (termasuk tidak resiko tak populer), kerja keras, dan tak pandang bulu dalam mengambil tindakan. tetapi Gubernur asal Belitung ini juga punya visi pluralis tentang kehidupan beragama dan relasi antar-ummat beragama. DKI adalah miniatur Indonesia, sekaligus etalase dan pemegang standar (standard bearer) keindonesiaan. Ahok bukan saja melanjutkan pembangunan Jakarta Islamic Center/JIC (dengan bantuan finansial yg signifikan), tetapi sekaligus memiliki visi yg jauh dan missi yg kongkrit utk apa lembaga tersebut bagi Indonesia dan dunia, bukan hanya bagi ibukota.

Tentu visi dan misi Gub Ahok masih perlu dibuktikan. Para penjonrunya tentu juga akan menggunakan visi dan misi tsb sebagai wahana menciptakan kontroversi. Dan utk soal penjonruan ini tentu tak susah. Misalnya, misi Gub Ahok utk menjadikan JIC sebagai tujuan wisata. Jika tidak dipahami dan disosialisasikan dg baik oleh Pemda dan pengelola JIC, tentu akan jadi sumber penjonruan. demikian pula sumbangan yang besar sang Gubernur itu. Tentu akan berpotensi digoreng utk Pilkada. Dan sebagainya dan seterusnya.

Namun hemat saya, Ahok setidaknya menunjukkan bahwa semangat pluralisme yang dimiliki dan dibelanya telah dibuktikan. Seperti keberaniannya memberikan izin pembangunan Masjid milik Jemaah Ahmadiyah di Jaksel, serta reaksi kritisnya thd SKB tentang pembangunan rumah ibadah. (http://www.benarnews.org/…/ahok-masjid-ahmadiyah-0713201517…).

Dan tentu agar visi ttg JIC ini konsisten, Gub Ahok perlu juga memperhatikan bagaimana lembaga yang prestisius tsb akan dikelola secara substantif sehingga berkontribusi kepada keIndonesiaan. Jangan sampai JIC, yang mau dijadikan barometer Islam di Indonesia itu, menjadi sumber pembenihan dan pengembangan berbagai gagasan dan gerakan yang bertentangan dengan semangat pluralitas dan kebangsaan kita.

Bravo Gub Ahok!

Simak tautan ini:

http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/12/22093891/Kembangkan.Jakarta.Islamic.Center.Ahok.Tiru.Konsep.Nabi.Muhammad?utm_campaign=related_left&utm_medium=bp&utm_source=news
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS