Saturday, January 16, 2016

BUKU "DERADIKALISASI" OLEH MUHAMMAD AS HIKAM


Buku ini memberikan sumbangan pemikiran terhadap penanggulangan radikalisme dan gerakan teroris, khususnya di Indonesia. Penulis memfokuskan pada peran aktif masyarakat sipil Indonesia (MSI) sebagai kekuatan penting dalam proses deradikalisasi.




Author: Muhammad AS Hikam
Publication date: 1/4/2016 12:00:00 AM
ISBN: 9789797099855
Edition: 1
Peran aktor non-negara semakin menguat di awal abad 21. Secara positif, penguatan tersebut memberikan sumbangan besar terhadap proses demokratisasi, terlihat dalam perkembangan masyarakat sipil di negara-negara dunia ketiga. Sebaliknya, efek lain terlihat dalam berkembangnya radikalisme dan gerakan-gerakan radikal dalam bentuk terorisme.

Buku ini memberikan sumbangan pemikiran terhadap penanggulangan radikalisme dan gerakan teroris, khususnya di Indonesia. Penulis memfokuskan pada peran aktif masyarakat sipil Indonesia (MSI) sebagai kekuatan penting dalam proses deradikalisasi.

“ Buku ini sangat menarik. Menurut penulisnya, salah satu tantangan deradikalisasi adalah pelibatan masyarakat sipil di dalamnya. Pendekatan top down dan state-oriented saja tidak akan pernah efektif dalam jangka panjang.” (Prof. Dr. Syamsuddin Haris, M.Si. Peneliti Senior Bidang Politik, LIPI)

“Upaya penanggulangan radikalisme melalui pendekatan budaya sangat strategis untuk terus dikembangkan di Indonesia. Buku ini memberikan peta jalan bagi pendekatan budaya tersebut.” (Dr. M. Alie Humaedi, M.Ag., M. Hum. Peneliti Bidang Kajian Budaya LIPI)

“Buku ini memuat analisis, rekomendasi kebijakan, dan strategi terkait dengan deradikalisasi yang mengedepankan peran masyarakat sipil Indonesia.” (Irjen Pol. Drs. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Kapolda Metro Jaya dan mantan Deputi 2 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, BNPT)

“Memberikan uraian yang memadai tentang pentingnya sinergi antara Badan/Aparat Pemerintah dengan masyarakat sipil dalam mengatasi radikalisme serta pengaruh destruktifnya di Indonesia.” (Marsdya TNI Bagus Puruhito. Wakil Gubernur Lemhannas RI)

“Salah satu sumbangan penting buku ini adalah analisis yang komprehensif mengenai potensi ancaman yang dihadapi NKRI yang bersumber dari ideologi-ideologi radikal transnasional.” (Laksdya TNI Dr. H. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. Kepala Staf Umum TNI dan mantan Wakil Gubernur Lemhannas RI)

“Buku ini menambah khazanah kajian mengenai radikalisme di Indonesia dan upaya mengatasinya.” (Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. Sekretaris Utama Lemhannas RI dan mantan Kabareskrim Polri)

Simak tautan ini:

http://buku.kompas.com/Produk/Buku/Technical/DERADIKALISASI.aspx
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS