Saturday, January 16, 2016

PENGGELEDAHAN KPK DI DPR: PAMERAN KEKUASAAN YG DUNGU & MEMUAKKAN

Saya setuju 100% dengan sikap tegas Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah (FH), yang menengur dan menolak para petugas KPK yang membawa pasukan bantuan dari Brimob Polri saat melakukan kegiatan penggeledahan di DPR. Penggeledahan adalah tindakan yang sah (legitimate) dan dibenarkan oleh hukum, termasuk kepada lembaga negara seperti DPR.

Namun demikian, proses tsb tetap harus sesuai aturan (hukum acara) dan etiket, termasuk tetap menjaga martabat lembaga. Penggeledahan di DPR tidak bisa disamakan begitu saja dengan penggeledahan kriminal yang membahayakan keamanan fisik petugas atau publik. Demikian pula, lembaga negara seperti DPR tidak perlu digeledah dg menggunakan pasukan bersenjata seperti itu.

Pamer senjata di Parlemen ini akan menjadi sebuah pameran ketololan yang memalukan bagi KPK, dan bisa mengurangi respek publik thdnya. Peristiwa ini juga  akan menjadi sebuah peristiwa yang mencemarkan bangsa dan NKRI. KPK adalah lembaga yang sangat terhormat dan berwibawa. Karenanya ia tidak boleh sok berkuasa dan ia tetap harus mengikuti aturan main dan etika.

Simak tautan ini:

http://www.kompasiana.com/danielht/ketika-fahri-hamzah-adu-mulut-dengan-penyidik-kpk_5698c38ff67e61650827f391
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS