Wednesday, September 28, 2016

DEBAT CAPRES AS RONDE 1: "WHEN HILLARY TRUMPS DONALD"


Sebelum mengajar di Universitas Presiden tadi pagi (27/9/16), saya masih sempat menonton debat capres ronde pertama di AS, antara Hillary Clinton (HC/Demokrat) vs Donald Trump (DT/Republik). Saya sepakat dengan hasil jajak pendapat CNN pasca-debat, bahwa isteri Presiden Bill Clinton itu menang telak dalam debat tersebut. Walaupun DT mencoba tampil sopan dan low profile, bahkan beberapa kali dia setuju dengan pendapat HC, tetapi tetap saja tidak bisa menutupi pembawaan "aslinya": sinis, arogan, meremehkan lawan. Sementara itu argumentasi-2nya cenderung tidak fokus, bahkan cenderung meracau, sehingga sering dipotong oleh moderator.

Sebaliknya, HC tampil penuh percaya diri dan sangat siap utk menghadapi lawan. Dia menunjukkan penguasaan thd masalah-masalah polugri, pertahanan dan keamanan, ekonomi dan masalah sosial yg dihadapi AS. Tampaknya HC juga siap membelejeti kelemahan DT selama melakukan kampanye pilpres: sosok yang rasis, melecehkan perempuan, anti imigran, tdk punya pemahaman mengenai masalah hankam dan polugri, serta tidak menganggap penting NATO sebagai organisasi pakta pertahanan paling kuat di dunia.

Salah satu episode yg paling berkesan dari debat ini adalah ketika HC mengritik keras DT dengan kalimat ini: "Inilah orang yang mengata-ngatai perempuan dengan (sebutan) babi-babi, suka sembarangan, dan anjing-anjing; dan (inilah) orang yang bilang bahwa kehamilan adalah perkara yang bikin ribet para pemberi pekerjaan; orang (inilah) yang mengatakan bahwa kaum perempuan tidak layak memperoleh gaji yang setara kecuali jika mereka bisa bekerja sebaik kaum laki-laki." (This is a man who has calling women pigs, slobs and dogs and someone who has said pregnancy is an inconvenience to employers, who has said that women don't deserve equal pay unless they do as good a job as men).

Wow... benar-benar telak! skor 1:0 buat Hillary. Way to go, Mrs. Clinton!
 
Simak tautan ini:



Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS