Friday, June 15, 2018

PESAN SYAWALAN: LEBARAN DAN BID'AH


Alkisah serombongan tamu yang sedianya mau berlebaran di rumah tetangga, yang baru saja pindah di lingkungan mereka, terpaksa harus kecewa. Pasalnya si tetangga baru, dengan rumah mewah dan penampilan salehnya, menolak menerima tamu lebaran.

Pasalnya, sang tuan rumah punya pandangan berbeda soal lebaran dan kunjung mengunjungi atau halal bihalal. Menurut beliau, tradisi itu tidak ada dasar dalil ayat Qur'an dan Hadisnya, tidak juga dipraktikkan Nabi dan para sahabat beliau, dan karenanya termasuk BID'AH.

"Jadi saya tidak mau ikut2an perbuatan yang BID'AH ya.. karena saya tidak mau melakukan pelanggaran dalam beramal saleh. Semua harus ada dalilnya dan bukan dibuat-buat oleh orang yang bukan ahli fiqih yang sahih. Lebaran itu BID'AH, tahu!?. Silakan kembali ke rumah masing-masing.." Katanya sambil menutup pintu pagar dan masuk ke rumah.

Maka para tamu pun beringsut dari pagar rumah untuk melanjutkan ke tetangga lain. Tapi ada satu orang yang tampaknya kurang puas. Sambil bersungut2 ia menggumam:
"Dasar pelit aja. Macem-macem alasannya. Silaturahim kok bid'ah. Tunggu entar butuh pertolongan tetangga, gantian kita bilang itu bid'ah!"

Dan sejak itu pula sang tetangga baru itu dapat julukan populer: "Om Bid'ah".
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS