Thursday, June 27, 2019

DEBAT (I) CALON KANDIDAT PRESIDEN AS 2020 DARI PARTAI DEMOKRAT


Hari ini menyimak debat para calon kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat (PD) th 2020 yang disiarkan langsung oleh kanal-kanal TV negeri Paman Sam itu. Acara berlangsu pada Rabu (26/06/19) atau Kamis waktu Indonesia (27/06/19). Lokasinya di Miami, negara bagian Florida.

Karena calon kandidat Presiden PD pada putaran ini jumlahnya duapuluh (20) orang, maka Panitia membagi menjadi dua kali sehingga dilaksanakan dalam dua hari ( tanggal 26 dan 27 Juli). Pada hari pertama ini yang berdebat 10 orang calon kandidat, besuk hari ke 2 juga 10 orang calon kandidat lainnya.

Sampai dengan penutupan debat pertama ini, hemat saya, yang paling menonjol antara lain adalah Senator Elizabeth Warren (Massachusetts), Congresswoman Tulsi Gabbard (Hawaii), Senator Cory Booker (New Jersey), Congressman Beto O'Rourke (Texas); dan mantan Menteri Perumahan pada pemerintahan Presiden Obama, Julian Castro (Texas). Platform politik yang mereka bawa adalah: Asuransi Kesehatan gratis untuk semua warganegara, pemberantasan kemiskinan, anti perang, mengatasi perubahan iklim, dan tentu saja, mengalahkan petahana, Presiden Donald Trump.

Selain mereka juga tampil calon kandidat lainnya: Congressman Tim Ryan (Ohio); Walikota New York, Bill de Blasio; Senator Amy Klobuchar (Minnesota); mantan Congressman John Delaney (Maryland), dan Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee.

Simak tautan video ini:

Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS