Thursday, June 13, 2019

KERUSUHAN MEI 2019 & KEMUNDURAN DEMOKRASI.


Dalam dialog di Metro TV (12/06/2019) bersama dua narsum lainnya, Wawan Purwanto (BIN) dan Neta S. Pane (IPW), saya mengemukakan beberapa hal berikut (simak video yang saya tautkan di bawah):

1. Kepolisian Negara RI (Polri) harus mengungkap dalang kerusuhan Mei 2019 secara tuntas dan terang benderang. Jika tidak maka kasus tersebut akan digunakan oleh kelompok anti demokrasi untuk merecoki demokrasi yang telah berjalan lebih dari dua dasawarsa dan, pada saat yg sama, melakukan delegitimasi pada pemerintahan yang sah.

2. Terjadinya kerusuhan Mei 2019 merupakan indikator kuat kemunduran kehidupan berdemokrasi di negara ini. Ini juga menjadi semacam peringatan dini kepada Pemerintah PJ bahwa ke depan agar lebih fokus kepada salah satu fondasi kehidupan bernegara yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa dan rakyat Indonesia: Demokrasi Konstitusional.

3. Salah satu pelajaran yg dapat diambil (lessons learnt) dari kasus Mei 2019 adalah ada bukti bhw demokrasi kita sedang terancam eksistensinya. Yaitu belum pernah ada ancaman pembunuhan bermotif politik yang begitu serius dan menarget tokoh-tokoh yang menduduki posisi strategis seperti empat orang pejabat negara tersebut.

4. Harus diakui dan diapresiasi kerja kepolisian yang telah mengungkap beberapa aktor di balik rencana pembunuhan terhadap para tokoh nasional tsb, lengkap dengan penyandang dananya. Bahkan, ada di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun, sejauh ini kepolisian belum sampai mengungkap dalang utama atau mastermind dari kerusahan Mei 2019 tersebut.

5. Pemerintahan PJ berkewajiban menuntaskan kasus kerusuhan ini agar di negara ini tidak terus terjadi bertambah dan menumpuknya peristiwa-peristiwa pelanggaran terhadap sistem demokrasi dan hak-hak asasi. Selain itu pengungkapan dan penuntasan (closure) kasus seperti ini adalah juga tuntutan rakyat. Mereka adalah pemilik sah dari NKRI sehingga berhak tahu bagaimana ujung dari proses pengungkapan kasus ini agar mereka juga mendapat ketenangan, keadilan dan juga kepastian hukum.

Simak tautan ini:

Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS