Sunday, October 27, 2019

HARAPAN SAYA KEPADA PROF. MAHFUD, MD: PERPU KPK

APA harapan saya kpd Prof. Dr. Mohamad Mahfud MD (MMD)sebagai MENKO POLHUKAM? Yang bagi saya termasuk paling urgen adalah: "Mengingatkan Presiden Jokowi (PJ) tentang pentingnya PERPU KPK."

Prof. MMD adalah salah seorang tokoh dan pakar ilmu hukum tata negara, di samping mantan Ketua MK, yang pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang ketatanegaraan, politik, dan hukum tak bisa diragukan lagi. Tapi lebih dari itu, komitmennya terhadap penguatan KPK adalah yang paling membuat saya kagum. Beliau terus menerus berusaha memberikan pemahaman yang nalar tetapi juga juga praktis tentang bagaimana KPK tetap bisa menjadi lembaga antirasuah yang kuat, profesional, dan efektif!

Salah satu masukan beliau kepada PJ adalah: Terbitkan Perpu KPK utk mengatasi persoalan legal, politik, dan etik dalam masalah UU KPK yang kontroversial dan berpotensi serius terhadap eksistensi dan kapasitas KPK di masa depan.

PJ sampai saat ini bergeming dan membiarkan UU tsb berlaku, kendati tanpa tanda tangan beliau. Secara legal formal dan politik pemberlakuan tsb memang sah adanya. Tetapi kontroversi dalam masyarakat masih dan akan terus terjadi dan bisa jadi legitimasi UU tsb tak kuat di mata rakyat. Bahkan, kendati PJ tidak tandatangan, tetap saja sebagian publik akan menganggap sang Presiden tidak konsisten dengan janji beliau utk memperkuat lembaga antirasuah tsb!

Prof. MMD kini berada dalam posisi yang sangat strategis di Kabinet Indonesia Maju (KIM). Saya dan banyak pihak tentu sah untuk berharap banyak kepada beliau untuk menjadi ujung tombak bagi upaya memperkuat pemberantasan korupsi pada level strategis tsb. Dengan posisi tsb Prof. MMD akan punya kesempatan lebih besar untuk mengingatkan dan meyakinkan PJ betapa pentingnya Perpu KPK dibuat untuk melandasi upaya perbaikan lembaga tsb ke depan.

Tentu saja pada analisa terakhir, di tangan PJ jua keputusan akan dibuat. Namun Prof. MMD tetap merupakan salah satu instrumen pendorong yang maha penting bagi lahirnya Perpu KPK. IMHO.

Simak tautan ini:

1. https://m.tribunnews.com/nasional/2019/10/25/mahfud-sebut-perppu-kpk-masuk-tahap-pengumpulan-bahan
2. https://m.detik.com/news/berita/d-4760812/icw-minta-mahfud-md-tak-lupa-dorong-perppu-kpk
3. https://m.merdeka.com/peristiwa/sudah-tiga-hari-kerja-mahfud-masih-belum-bahas-perppu-kpk.html
4. https://nasional.okezone.com/read/2019/10/27/337/2122213/3-pesan-kpk-untuk-menko-polhukam-mahfud-md
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

Follow by Email

FP GUSDURIANS