Thursday, June 25, 2020

PENTINGNYA KEWARASAN DALAM MENYIKAPI RUU HIP

Di tengah masih tingginya penularan pandemi Covid-19, demo yang digelar sementara kelompok penentang RUU HIP, menurut hemat saya, bukanlah sebuah cara yang simpatik, apalagi efektif, untuk menarik dukungan publik. Malah bisa sebaliknya. (Lihat tayangan rekaman video di bawah)

Dalam sistem demokrasi, unjuk rasa publik bukan hal tabu. Namun jika dilakukan dengan mengabaikan kondisi dan situasi,  maka justru bisa berbalik. Demo yg menggunakan preteks menolak RUU HIP, tetapi bernuansa anti demokrasi, adlh contohnya. Publik akan kehilangan simpati thd aksi tsb karena adanya distorsi atau pelencengan isi: Protes thd RUU yg dibuat DPR, tetapi beragenda politis menjatuhkan Pemerintah PJ.

Saya kira kelompok2 masyarakat sipil pendukung demokratisasi di negeri ini perlu mengkritisi  dan mengambil jarak dari mereka yg berdemo dengan motif politis anti pemerintahan PJ yang tak melakukan pelanggaran konstitusional. Bukan berarti ikut mendukung RUU HIP, tetapi soal pertimbangan nalar saja. Kelompok masy sipil Indonesia masih mungkin mengusulkan koreksi atas RUU tsb dan terus mengawal prosesnya di DPR (jika dilanjutkan) tanpa hingar bingar.

Organisiasi2 dalam masy sipil Indonesia yang konsisten mendukung demokratisasi seharusnya tak terjebak oleh manuver-manuver politik yang justru berpotensi memberantakkan proses konsolidasi demokrasi itu sendiri.

Parpol dan politisi mereka di DPR perlu memperhatikan dg seksama dinamika ini dan bertindak dg cepat dan tepat. Karena jk demo2 ini berlarut dan menghambat konsolidasi demokrasi maka keduanya pun harus ikut bertanggungjawab kepada rakyat. Karena mereka juga yang memulai dg ide  pengusulan RUU HIP dan proses pembuatannya yg kontroversial tsb. IMHO.

Simak tautan ini:

https://youtu.be/qODh650WrAA

1. https://jogja.suara.com/read/2020/06/24/182257/demo-di-depan-gedung-dpr-teriak-turunkan-jokowi-dan-bakar-bendera-palu-arit
2. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/24/17225621/demo-di-depan-dpr-massa-sebut-ruu-hip-akan-ganggu-pancasila?page=all
3. https://m.wartaekonomi.co.id/berita291514/hah-demo-siang-ini-pasukan-anak-nkri-juga-minta-dpr-turunkan-presiden
4. [PDIP Tempuh Jalur Hukum soal Pembakaran Bendera, PA 212 Menjawab] http://share.babe.news/al/TdeRcmcbFR
5. https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200624163646-20-517012/sejumlah-peserta-demo-tak-tahu-soal-isi-ruu-hip
Share:

0 comments:

Post a Comment

THF ARCHIVE

FP GUSDURIANS